Kamis, 15 Januari 2009

OBAMA, ANAK (TIRI) INDONESIA

Akhirnya jadi juga Si Obama itu, terpilih menghuni Gedung Putih, perjuangan panjang dan melelahkan, tidak sia-sia waktu dan uang yang tersita, kaum democrat berbunga bunga, tidak saja yang berkulit hitam, atau yang abu abu, para pendatang atau imigran dari berbagai ras dan bangsa, yang berambut pirang dan berkulit putih banyak juga yang ngefans pada Obama, sehingga terpilih.

Hasil pemilu raya Amarika yang sudah diprediksi sebelumnya, Obama menang mutlak, disamping menjadi presiden terpilih, untuk masa 4 tahun kedepan, pun di DPR Amerika Demokrat menjadi partai dominant. ini lah sesungguhnya modall penting sehingga nampaknya Obama menjadi tumpuan rakyat Amerika. apalagi kondisi terakhir _resesi ekonomi belum mereda sepenuhnya, selebihnya harapan besar dari berbagai Negara sahabat dan sekutu dekat Amerika, seperti Uni Eropa dan Negara Negara penghasil minyak di Timur Tengah tentu saja berkepntingan memberikan perhatian penuh pada kepemimpinan Obama.

ada banyak harapan untuk perubahan besar dan signifikan terutama hubungan Amerika dengan Negara Negara Arab yang selama ini menjadi musuh bebuyutan Amerika, sebut saja Iran, Milisi Afganistan, sengketa di Irak, dan campur tangan Amerika pada berbagai konflik Internasional hendaknya menjadi salah satu titik focus Obama, sehingga terbangunannya tatanan dunia yang lebih adil dan egaliter.

Pendahulu Obama memang memainkan peranan yang sangat aktif pada berbagai persoalan dunia, tentu saja berbagai pernaan itu bertujuan tidak lain untuk memperkokoh hegemoni Amerika dan dominasi ini tentu berakibat disamping positif dan juga berdampak negative terhadap hubungan Amerika dimata Internasional, sehingga, Obama harus memainkan peranan yang lebih visioner dan humanis bagi peradaban dunia dalam perspektif yang lebih luas dan mendasar.

Bagi Indonesia­_terpilihnya Obama tentu saja memberi angina segar bagi hubungan yang lebih intens dan terlebih lagi Obama pernah mersakan atmosfir Indonesia dimasakecilnya, kendati Wapres pesimistis_Obama akan memainkan peranan yang lebih dibandingkan pendahulunya, Bush, tetapi kita berharap pemerintah Amerika di Bawah Obama, setidaknya dapat memberikan nuansa baru dalam perspektih relasi posisitf kedua Negara.

Pesan yang ingin kita samapaikan bahwa Amerika sebagai Kiblat ekonomi dan politik dunia, diharapkan makin membuka mata hati kita bahwa terpilihnya Obama tidak saja rakyat Amerika yang berbahagia dan gembira, tetapi juga menjadi fajar baru bagi masyarakat dunia, terutama bagi rakyat Iraq, relasi kontruktif dan positif dengan Iran, Kuba, Korea Utara dan musuh Amerika yang selama ini sempat membuat dunia gusar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar